After team building program

Posted on Wednesday, December 24, 2008 by arylangga



Banyak yang menanyakan, tentang apa yang harus di lakukan setelah selesai training/program team building, apakah berlalu begitu saja atau bagaimana. Kemudian bagaimana memberikan “kepercayaan” kepada clien akan pertanggungjawaban dari program yang telah di lakukan.


Untuk itu saya ingin berbagi beberapa hal yang bisa menjawab persoalan tersebut.


  1. Pembuatan laporan hasil program.

Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah bentuk pertanggungjawaban tertulis dan sumber dokumentasi bagi perusahaan atas apa yang telah di lakukan, juga merupakan ruang bagi upaya melihat rekomendasi yang dapat di berikan bagi kemajuan perusahaan.

Bagaimana bentuk penulisan pelaporan program team building ?

Bentuk penulisan dapat berupa :

  • Ringkasan eksekutif : gambarkan secara umum pelaksanaan program team building dan dalam bentuk kualitatif berapa persen keberhasilan program yang berjalan, beserta dengan argumentasi yang logis.
  • Berikan pemaparan hasil FeedBack dari peserta terhadap program yang telah berjalan misalnya , apa manfaat program bagi peserta, pemahaman terhadap program, bagaimana aplikasi program dalam keseharian kerja, bagaimana penerimaan dan keterbukaan peserta terhadap jalannya program, bagaimana pengelolaan waktu selama program, kualitas penyajian program dan defrief oleh fasilitator, pemahaman fasilitator terhadap materi program, dan bagaimana sikap fasilitator/organizer dalam menjawab dan melayani pertanyaan serta kebutuhan peserta. (Kesemua feedback tersebut dapat di kualitatifkan dalam bentuk Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang, Sangat Kurang).
  • Berikan deskripsi tentang tujuan program team building dan keterkaitan dengan aktivitas program team building yang berjalan. Paparkan secara detail dari setiap aktivitas yang dilakukan.
  • Berikan penilaian terhadap team/ peserta yang mengikuti program team building dalam konteks tujuan yang ingin dicapai dari program, deskripsikan apa kelebihan dan kekurangan dari team tersebut.
  • Berikan rekomendasi terhadap kekurangan yang ada pada team berdasarkan analisa dari program team building yang telah di jalankan.

  1. Berikan konsep pengembangan program team building selanjutnya. Tentu saja konsep ini harus berbeda dari konsep yang telah di jalani dalam program team building tersebut. Jelaskan apa manfaat bagi perusahaan dan keuntungan dari program tersebut.
  2. Berikan dalam bentuk cd/dvd hasil kegiatan dari program team building.
  3. Berikan pada perusahaan/company poster dari peserta team building untuk mengingatkan dan menyimpan memori mereka.
  4. Buatlah milis/ email crespondesi dari peserta program team building sebagai wadah atau tempat bertukar informasi.

Jika anda menjalankan ke-5 langkah tersebut diatas maka kepercayaan klien anda akan sangat baik terhadap program-program yang anda tawarkan.

Untuk itu saya juga ingin mengucapkan SELAMAT NATAL 2008 bagi umat Kristiani..semoga senantiasa mendapatkan kasih dari NYA.

mcdamas said...

That's what makes a training effective; the real practice in the real life.
http://bucksfreak.com

Alfajri Alwis said...

Hello,
Sepertinya Mas sangat serius dibidang Team Building ini. Hm, hanya mau berbagi informasi tentang seminar online gratis tentang Team Building oleh Edward Cleary, pakar HRM dari USA. Silahkan kunjungi blog saya di www.wiziq-indonesia.blogspot.com

Semoga bermanfaat =)
Thanks!

asep said...

Thanks, info ini sangat berguna bagi perusahaan2 yang akan mengadakan pelatihan team building bagi karyawannya.