One vision , many hand

Posted on Wednesday, November 12, 2008 by arylangga


Banyak pertanyaan yang sering kali datang ke bog ini atau pun secara langsung ke email, menanyakan tentang apa sih program team building itu?. Dan apa saja yang di bicarakan dalam program tersebut.


Pada sore yang berbahagia ini saya ingin berbagi kepada bloger tentang beberapa hal yang mendasar dari program team building.


Dalam hal yang paling sederhana team building dapat diartikan sebagai kemampuan untuk membangun sebuah team.

Mengapa hal tersebut sangat penting, mungkin pertanyaan ini akan lahir. Hal ini menjadi penting sebab team memungkinkan pencapaian sebuah prestasi yang luar biasa, atau dengan kata lain sebuah “KEMENANGAN”.


Anda masih ingat tentang olahraga sepakbola, GP, basket, dan American football. Kemenangan yang diperoleh adalah hasil dari team , dan bukan- perorangan. Model inilah yang kemudian di adopsi untuk membangun team building, dimulai dari Spirit Pemenang, kerjasama, dan strategi.


Dalam dunia corporate, kerjasama sangat dibutuhkan untuk melahirkan dan meningkatkan produktivitas, dapat dibayangkan bagaimana sebuah corporate yang tidak memiliki kerjasama di dalamnya. Tentu saja jawabannya adalah “kebangkrutan”. Jika semua orang dapat bekerjasama dengan sangat sinergis maka visi yang diinginkan akan terwujud (one vision, many hand).


Masih ingatkah kita tentang cerita/fable/donggeng tentang si Kancil dan kura-kura. Sikancil yang sombong menantang kura-kura dalam sebuah adu perlombaan lari. Namun ternyata pemenang dari perlombaan tersebut adalah kura-kura. Mungkin pada saat dahulu kala kita masih bingung mengapa kura-kura yang lambat dan loyo dapat menang dan mengalahkan kancil yang gesit dan cepat pada perlombaan tersebut. Ternyata jawabannya adalah team work, kura-kura mengumpulkan teman-temannya dan secara estafet melakukan perlombaan tersebut. Sehingga akhirnya kura-kura menang.


Apa moral dari cerita tersebut;

  1. Mengetahui core competensi kita, tentu saja hal ini sangat penting di lakukan agar dapat menjadi pemenang.
  2. Bekerja dalam wilayah yang menjadi “kekuatan/kelebihan”
  3. Mengambil inisiatif untuk kerjasama dan membangun team
  4. menyusun strategi

ini lah yang menjadi dasar dari sebuah program team building. jika ada yang ingin di tanyakan seilangkan menghubungi alamat contact yang tertera.