Team building in Action

Posted on Saturday, November 29, 2008 by arylangga


Hari ini begitu menyenangkan, segalanya begitu indah, mungkin karena semua pekerjaan telah selesai, dan beberapa klien merasa begitu puas atas kerjasama yang terbina. Hingga saat ini, saya mempersiapkan diri untuk menghadapi tanntangan pekerjaan selanjutnya.

Oh ya..saat ini saya ingin berbagi kepada rekan-rekan tentang ide untuk “mengeksekusi” kegiatan team building yang telah direncanakan sebelumnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam “mengeksekusi” program tersebut yaitu :

  1. Siapkan Scenario Program ,

Tentu saja anda tidak ingin program team building anda dianggap tidak memuaskan dan banyak complain dari peserta program. Atau anda juga tidak menginginkan bahwa program tersebut menjadi program yang “tiba masa tiba akal” atau tidak dipersiapkan sebelumnya, sehingga ketika dilapangan kordinasi antar organizer / fasilitator tidak sejalan, bahkan terkesan tidak siap sehingga peserta di ‘telantarkan”.

Hal yang lain juga anda tidak ingin peserta mengalami kelelahan dalam mengikuti program, atau peserta tidak bersemangat lagi meneruskan program tersebut.

Untuk itu anda perlu mengatur scenario program yaitu ;

  • Bagaimana mengatur alur permainan, berapa permainan yang dimainkan, urutan permainan, dalam konteks apa permainan dimainkan, apakah untuk kompetisi, fun, creatifitas, tantangan, atau untuk isu spesifik. Jika hal ini jelas , maka kita bisa meletakkan indicator keberhasilan program tersebut. Disamping itu anda perlu juga mempersiapkan alternative scenario untuk kondisi khusus seperti kondisi hujan.
  1. Persiapan alat dan bahan

Hal ini sangat penting dilakukan. Saya menyarankan agar anda menggunakan atau membuat ceklist kebutuhan alat dan bahan yang digunakan. Sebab kekurangan alat dan bahan akan mengganggu atau menghambat program. Jika lokasi program jauh dari pusat kota , maka kemungkinan untuk mengadakan/membeli alat dan bahan menjadi tidak mungkin. Untuk itu ceklist sangat membantu dalam memperlancar kebutuhan program.

  1. Komposisi team

Anda perlu membagi peserta dalam beberapa kelompok kecil. Untuk itu detail informasi dari peserta mulai dari ; jenis kelamin, umur, berat badan, tinggi badan, dan riwayat penyakit perlu anda ketahui. Ini memudahkan anda untuk membentuk kategorisasi kelompok yang dibentuk. Kategorisasi mengacu pada scenario program yang di jalankan.

  1. Pengecekan kondisi lapangan

Ini sering dianggap remeh, namun untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan seperti peserta terluka oleh pecahan kaca, paku, batu tajam, kayu runcing, maka pengecekan lapangan untuk program team building harus dilakukan. Caranya adalah dengan melakukan penyisiran lapangan oleh organizer team building secara horizontal atau vertical. Segala hal yang dianggap dapat membuat cedera peserta harus di singkirkan dari lapangan. Disamping itu pengecekan lapangan juga untuk mengetahui kondisi lapangan apakah rata, berbukit atau gersang.

  1. Siapkan Time keeper

Juga yang penting di jaga adalah range waktu di setiap permainan yang dijalankan, dan orang yang bertugas untuk mengingatkan hal itu. Ini adalah sesuatu yang sangat menentukan continuitas dan efektifitas program yang dijalankan. Apalagi jika model yang di mainkan adalah game pos, pertukaran antar games perlu di siapkan.

  1. Siapkan Appresiasi / Award

Sudah selayaknya jika anda memberikan apresiasi bagi team yang berhasil/menang dalam program team building. Sebab apresiasi merupakan sumber motivasi dan inspirasi bagi setiap individu dalam tiap juga antar team. Tentu saja hal ini akan membekas dalam diri setiap anggota team. Bentuk award dapat diberikan bereaneka ragam di sesuaikan dengan budget yang tersedia. Namun hal yang penting adalah Award tersebut sedapat mungkin merupakan sesuatu yang mempunyai makna bagi team tersebut.

  1. Moment to reflection

Kini kita telah sampai pada penghujung program team building, maka hal yang penting adalah menjadikan program team building tersebut sebagai sesuatu yang sangat “monumental” bagi setiap peserta yang ada.

Hal ini dapat dilakukan melalui pemutaran video/pic dari kegiatan tersebut, kemudian mengajak peserta untuk mengambil nilai-nilai positif dari setiap permainan yang ada. Dan tak lupa adalah memberi kesempatan secara kolektif kepada sesame team untuk salaing mengucapkan ‘terimakasih” atas kerjasama yang telah terjalin selama ini, dan kemudian membangun sprit bersama untuk menghadapi tantangan di masa-masa yang akan datang.

Semoga point ini bermanfaat bagi kita semua, Anda boleh memberikan komentar, tanggapan, dan permintaan tentang apa saja tentang program team building kepada saya di alamat contact yang tertera.