I believe I can fly

Posted on Wednesday, October 8, 2008 by arylangga



Hari ini saya ingin sekali mem berikan hormat dan penghargaan kepada seorang kawan…atas semangat dan keinginan untuk memperbaiki diri sendiri.


Kawan saya ini bernama : Amir , umur 18 tahun, seorang office boy yang bekerja pada salah satu perusahaan di Jakarta. Saya berteman dengannya sudah sekitar 6 bulan, awal pertemanan saya dimulai ketika dulu saya sering berkunjung ke kantor tempat ia bekerja untuk suatu urusan/pekerjaan. Dan saat itu ketika pertama kali ia membawakan secangkir kopi untuk saya, saya begitu terkesan.

“ Pak..ini kopinya..ada yang bisa saya Bantu lagi…” katanya

“ oh..terimakasih dik….! Jawab saya sambil tersenyum.

“ oh..iya pak.. saya ambilkan majalah SWA ya..pak...ada artikel yang bagus loh..! katanya

“(heran)..oh..ya…kamu suka membaca juga ya…!kataku

“(tertawa) hee..hee..saya baca apa saja pak..kan saya nginap di kantor ini…sambil mengusir kesepian! Katanya

“ oh..begitu ya….! Jawabku.

Dan Sejak saat itu, setiap saya berkunjung ke kantornya saya selalu berbincang dan bercanda dengan Amir, terkadang kami berdua mencari tempat untuk merokok berdua (hee…hee…).


Hari ini ia datang ke tempat saya untuk bersilaturahmi, dengan sorot mata yang tajam dan senyum di bibir ia menjabat tangan saya dan memberi rangkulan persahabatan. Dan saya bisa merasakan energi yang mengalir dalam dirinya.

Dan menariknya setalah kami melakukan ritual minum kopi, ia membuka percakapan .

“..Bang..saya capek kerja begitu..rasanya bosan…!

“setiap hari…tak ada yang berubah…bahkan mungkin orang-orang disana tidak ada yang memperhatikan saya..>!

“ Maksud kamu ? tanya saya

“ iya…mereka itu..hanya nyari saya kalo ada yang perlu disuruh..!

“ OH..BEGITU…kataku

“ Bang…saya pengen berubah..! lanjutnya

“ saya pengen orang itu bisa menghargai saya…saya pengen bisa bilang..saya capek..saya butuh istirahat juga..saya ini manusia bukan robot..yang seenaknya disuruh kesana-kemari…!

“Saya mau orang itu tahu..saya juga punya waktu untuk makan..punya waktu untuk duduk..punya waktu untuk belajar….mereka itu bang..Hanya mau senenaknya saja..! katanya dengan bersemangat.

Dan kami pun hening sejenak…


Saya mengerti perasaannya saat ini yang sedang galau.

Saya pun membuka percakapan :

“..mir…gimana kopinya ..enak..ngak..!

“ enak kok bang “ katanya

“ wah…berarti saya sudah bisa dong, itu kan cara bikin kopi yang kamu ajarkan..!

“ hee..hee…yang benar bang…! Katanya

“ iya..kamu kan yang ngajarin saya .. tuh liat kan kamu sudah beramal dan menambah ilmu saya !

“ hee…abang..biasa aja kok..!”

Kami pun berdua tertawa terbahak bahak,


Setelah suasana menjadi rileks kembali.

mir..ngak salah perasaan kamu saat ini, tapi kamu ingat ngak Abang pernah bilang , KEPEMIMPINAN ITU DIMULAI DARI SIKAP YANG TULUS UNTUK MELAYANI..”

“ iya..Bang ..aku ingat ! katanya

“ Nah.. di dunia inikan beberapa pemimpin dunia memberi contoh : bagaimana sikap “melayani “ kepada pengikutnya akhirnya memberikan perubahan yang tidak hanya dapat dirasakan kepada pengikutnya saja tetapi juga memberikan perubahan yang luar biasa kepada dunia!”

“ iya..aku ingat BUNDA THERESA, MAHATMA GANDHI, “ katanya

“ Jadi aku salah ya..Bang…! lanjutnya sedih

“ ngak mir…kamu ngak salah…Cuma kamu butuh terbang lebih tinggi lagi “

(kaget)..apa…!” maksudnya Bang ! tanyanya

sikap kamu itu bagian dari keinginan untuk keluar dari kenyamanan kamu, sikap atau pandangan yang ingin mendobrak keterbatasan diri..dan itu luar biasa , jadi tidak di letakkan pada pekerjaan kita dalam melayani !!!!

“ menjadi apa pun atau pekerjaan apapun tidak akan membuat diri kita rendah..yang bisa membuat hal itu adalah cara pandang kita sendiri dan jangan rendahkan diri kamu sendiri ..itu yang menjadi kata kuncinya“

“ oh..gitu ya..bang….” katanya..

“ aku mengerti bang..!

Kemudian ring tone HP saya berbunyi :

“ I believe ican fly…I believe I can touch the sky….”

(setengah teriak) Bang…aku tahu ..aku pengen sekolah ..!”

“ oh..ya…kamu pengen sekolah apa…” Tanya saya kaget dan men-off kan HP saya.

“ aku pengen sekolah computer….! Katanya

“ Oh..iya…kamu kan suka computer..iya benar…oke abang setuju..!!

“ iya bang…saya ingin terbang tinggi…..!”

“ selama ini kan gaji saya tabung..jadi ada uang buat sekolah itu”

“ iya..mir..besok kita nyari info tempat sekolahan computer ya terus kita kunjungin..nanti abang juga bantu..!!

makasih..ya..bang…!


Hari itu ia kelihatan gembira sekali dan saya pun senang melihatnya

Dan Saya sekali lagi melihat keajaiban terjadi di hadapan mata saya , if you believe….you can see mireacle

Dan itu lah yang menjadi bahan refleksi kita hari ini .