five minute ..oke

Posted on Wednesday, September 17, 2008 by arylangga

(gbr:http://www.treehugger.com/files/2008/06/bush-admin-return-to-sender.php)

Asyik sekali menikmati sore yang temaram, menanti waktu berbuka puasa…klo saja saya bisa melukiskan perasaan damai dihati ..tentu saja sebuah kalimat tidak dapat merangkainya..namun jauh di balik itu yang ada, adalah kata syukur kepada Sang Pencipta atas semua limpahan kasih sayang yang diberikan kepada kita.


Baiklah rekan-rekan..disela kesibukan kita hari ini saya ingin berbagi tentang sebuah cerita yang mungkin saja berguna bagi kita semua.

Hari ini saya mendengarkan celoteh beberapa teman yang merasa jengkel karena ada seorang dikantor dia , yang terkena sindrom bosi (merasa sok jadi Bos) . Kerjanya hanya menyuruh dan melimpahkan tanggungjawab kepada orang lain.


Teman saya ini merasa kesal sekali:

Friend (1) : Kenapa sih…orang itu tidak tahu diri..kerjanya main perintah aja…..saya heran dengan orang itu…apa dia tidak bisa bekerja secara mandiri..tidak merepotkan orang..toh yang dia minta itu tanggungjawab dan pekerjaan dia sendiri…(ia tidak berhenti ngomel….)

Seorang teman yang lain juga ikut menimpal ..

Friend (2) : iya…dikantor saya juga lebih parah lagi…semua pekerjaan dilimpahkan kepada saya..sampai sampai tak ada seorang pun yang mau peduli..padahal sesungguhnya jika mereka tidak menunda-nunda pekerjaan ..pasti saya bisa menyelesaikan semua pekerjaan itu tepat waktu..namun karena semuanya tidak tepat waktu..akhirnya finishing itu jadi terlambat…dan saya yang kena batunya..harus lembur non stop (teman ini kerjanya adalah design/layout program).

Kemudian seorang teman lagi menambahkan ;

Friend (3) ; wah..ternyata sama …dikantor saya juga kebanyakan perintah..akhirnya kita bingung..tugas yang satu belum selesai..datang lagi instruksi yang baru..alhasil kita tidak pernah jadi maksimal..terlalu banyak yang sok tahu…repot ya kita ini yang ada dibawah….


Saya hanya bisa tersenyum mendengarkan semua itu, dan kemudian kami pun semua tertawa..(heee…hheee), sambil menikmati suara bedug pertanda berbuka puasa…..

Yes ..saya kembali lagi ..

Saya ingin katakan berikan lah 5 menit waktu anda (just five minute).

Untuk apa ? anda pasti bertanya…


Untuk karyawan/ anggota anda..

Untuk mendengarkan mereka, untuk berkomunikasi dengan mereka,

Tentang apa yang mereka rasakan, apa yang mereka keluhkan, dan apa yang mereka inginkan.

Mereka akan bisa dengan baik membedakan apakah itu hanya sekedar berbasa basi atau keluar dari hati anda yang tulus.


Kenapa ? karena mereka yang berada “dibawah” memiliki ketajaman/ sense untuk merasakan keadaan apa yang sedang terjadi.

Pernahkah anda melihat tanaman putri malu…? Rangsangan sekecil apa pun ia akan menutup daunnya. Seperti itulah ketajaman /naluri mereka.

Cobalah anda tanyakan ….

Cobalah anda minta…..

Cobalah anda untuk berdialog…

Dan anda akan melihat hasil yang sangat berbeda….

Bukankah seorang leader yang baik jika kehadirannya menjadi sesuatu yang senantiasa diinginkan oleh semua tim yang ada?

Dan itulah yang menjadi bahan leader reflection kita hari ini.