grow your self

Posted on Sunday, September 21, 2008 by arylangga

(gbr dari : http://www.burning-pants.com/wp-content/uploads/2008/May/grow.jpg)

Beberapa hari yang lalu, saya menonton KickAndy , acara talk show di Metro TV, yang menampilkan Bapak Antasari, ketua KPK Indonesia.


Saya mencermati dengan seksama setiap pembicaraan yang dilakukan oleh beliau , dan saya merasa kagum dengan prinsip dan tekadnya untuk membasmi kejahatan korupsi di Indonesia.

Bahkan Kata “ Andy F. Noya”, saat ini banyak yang menginginkan kematian bapak Antasari.

Namun beliau hanya tersenyum dan menyerahkan sepenuhnya kepada Allah , Sang Pencipta.

Kemudian muncul tiba-tiba ide di kepala saya …mengapa kita (rakyat Indonesia) tidak memilih Antasari sebagai Presiden RI nanti.


Bukankah apa yang dilakukannya saat ini memperlihatkan hasil yang signifikan.

Bukankah saat ini yang sangat jelas progress kinerjanya adalah KPK yang dipimpin dengan beliau..

Bukankah rakyat Indonesia benar benar merasakan dampak dari korupsi yang telah bertahun tahun terjadi di Negara ini..

Bukankah saat ini KPK sesungguhnya tengah berusaha mempertahankan diri melawan para durjana (ops maaf) koruptor di bangsa ini…

Mengapa kita tidak memberi dukungan yang maksimal dari bangsa ini ..agar kekayaan dan martabat bangsa ini dapt kembali dan sejahtera bagi masyarakat.

Saya kira jika seluruh rakyat Indonesia memberi dukungan kepada Bapak Antasari melalui pemilu 2009 , maka pasti Indonesia Raya akan bersih dan kekayaan bangsa ini dapat di nikmati oleh seluruh rakyat indoneisia.


COBA anda pikirkan ..apa yang saya pikirkan ini….!!!! Dan silahkan anda berkomentar…


Oh ya ..itu tadi sekilas pengantar hari kita, dan saya ingin mengajak anda untuk menyimak sesuatu.

saya mendapat kiriman sebuah cerita/ kisah dari seseorang yang minta untuk tidak disebutkan namanya : katakana saja ia adalah kawan, Ia adalah seorang Distrik Manager di salah satu perusahaan swasta nasional yang berpusat di Jakarta.

Ada sebuah cerita menarik dari kawan ini yang disampaikan kepada saya, dan saya kira tidak adil jika saya tidak membagi cerita ini kepada seluruh rekan-rekan yang ada di Indonesia.

Dan sesungguhnya hal ini menarik untuk disimak bersama.


ia pun menuturkan :

Pada suatu ketika, ada sebuah cabang didaerah / distrik yang menjadi wilayahnya sedang mengalami masalah. Kepala cabang yang bersangkutan dipecat karena mengalami kasus yang merugikan perusahaan, dan sebelum mendapat pejabat baru, maka yang wajib untuk mengisi posisi tersebut agar roda organisasi terus berjalan adalah Distrik Manager.

Dan kemudian ia pun mulai melakukan pembenahan organisasi, yang menarik adalah ketika ia memeriksa persentasi kinerja karyawan terhadap perusahaan , ada seorang karyawan yang selama 6 bulan berada di bawah rata-rata. Ia pun heran dan segera mencari informasi apa yang terjadi dengan karyawan ini, mengapa karyawan ini tidak ada yang memperhatikan. Dari informasi kawan-kawan sekerja, sang Distrik ini mengetahui bahwa karyawan tersebut adalah seorang pekerja keras dan pantang menyerah, tak ada seorang pun yang tidak mengatakan bahwa ia adalah seorang pekerja keras.

Maka Distrik manager ini pun berkesimpulan pasti ada sesuatu yang terjadi dan ia merencanakan untuk berbicara langsung dengan karyawan tersebut.


Akhirnya mereka berdua bertemu,

Dan karyawan itu menjelaskan apa yang dialaminya.

Distrik MGr :Ada apa ..coba jelaskan kenapa di resort saudara, market yang ada tidak berkembang…!!!

Karyawan (dengan terbata-bata) : begini pak…coba bapak bayangkan resort saya itu daerah yang sangat kering, semua pesaing kita kabur dan rata-rata begitu banyak kasus dilapangan yang terjadi…dan dari dulu pak saya memberi usul agar resort ini tidak dikembangkan karena tidak ada potensi didalamnya....walaupun demikian saya masih bisa mengambil keuntungan untuk kantor sebesar…20 % dari target, itu pun dari pendapatan yang sama sekali tidak ada didaerah itu sebelumnya.

Distrik Mgr : apa…sebelum ini sama sekali tidak ada …ya…

Karyawan : ia pak…siang malam saya disana, dan mungkin jika diukur dengan standar normal …ini belum seberapa, tapi memang daerah tidak bisa maksimal.

Distrik Mgr : Jadi…saran kamu bagaimana///

Karyawan : saya ingin mengusulkan agar daerah itu ditutup , dan saya mau membuka resort baru pak..kalo perlu target saya di gandakan, dan saya bersedia..insya allah.

Distrik Mgr : Oke …saya dukung usulan kamu..dan saya ingin melihat hasilnya 6 bulan kedepan…saya percaya pada kemampuan kamu..oke..

Karyawan : Terimakasih pak…..saya tidak akan mengecewakan bapak….


Demikianlah , 3 bulan kemudian ketika sang distrik manager ini kembali kekantor pusat dan memeriksa laporan kinerja karyawan cabang yang dahulu, ia melihat nama karyawan tersebut telah duduk menjadi the big five marketing…Ia pun segera menelfon dan memberi ucapan selamat kepada karyawan tersebut.


..sungguh jelas bahwa :

Seorang leader yang baik adalah leader yang memberi seluas-luasnya kesempatan kepada anggota/karyawan untuk berkembang dan meningkatkan potensi dirinya.

Seorang leader sedapat mungkin memberikan dukungan/arah yang menjadi tolak ukur perkembangan bagi anggota/karyawan.

Dan sebagai leader reflection kita hari ini :

Sudah kah leader memberikan dukungan kepada anggota /karyawan agar berkembang dan bukan mematikan potensi anggota kita.